Tuesday, June 20, 2017

Olah Gerak Kapal Dan Pengendalian Kapal

Olah Gerak Kapal Dan Pengendalian Kapal

1. jelaskan dengan gambar apa yang di maksud dengan berlabuh jangkar secara secara virtuin dan bagaimana cara olah geraknya?
Jawab:


Berlabuh jangkar secara virtuin adalah berlabuh jangkar menggunakan sekaligus 2 buah jangkar depan, dimana 1 jangkar mengarah ke depan dan satunya lagi mengarah ke belakang dengan rantai-rantainya sama panjang dan membentuk satu garis yang sejajar dengan arus.

2. jelaskan dengan gambar apa yang dimaksud dengan berlabuh jangkar secara open moor dan bagaimana cara olah geraknya ?
Jawab


Berlabuh jangkar secara open moor adalah berlabuh jangkar menggunakan sekaligus 2 buah jangkar depan, dimana kedua jangkar mengarah ke depan dengan rantai-rantai yang sama panjang dan kedua rantai membentuk sudut antara 60° sampai 120° terhadap arah arus (yang paling baik membentuk sudut 90°terhadap arah arus).

3. jelaskan dengan disertai gambar berlabuh jangkar secara running moor/flying moor !


Figure 3
Posisi yang 1. Kapal datang melawan arus dan sedikit dibelakang tempat lego yang kita rencanakan, maka kita lego salah satu jangkar (yaitu jangkar kiri). sementara itu kapal terus maju seperlunya sambil mengarea rantai jangkar sepanjang ±2 kali panjang rantai yang bakal di lego sehingga kapal akan berada di posisi 2 (seperti gambar di atas) Posisi 2 setibanya kapal di posisi 2 maka lego jangkar yang ke dua (yaitu jangkar kanan), sementara itu rantai jangkar peratma (rantai jangkar kiri)kita hibob sampai kedua rantai sama panjang sehingga kapal akan tiba di posisi 3. Posisi 3. Kapal ditahan oleh 2 buah jangkar yang rantai-rantainya sama panjang dan sejajar dengan arus.


4. jelaskan dengan di sertai gambar berlabuh jangkar secara ordinary moor ?
Jawab:


Posisi 1. kapal datang melawan arus dan lewatilah sedikit tempat labuh yang telah kita rencanakan, maka kita lego salah satu jangkar (yaitu jangkar kanan) sementara itu mesin mundur seperlunya sambil mengarea rantai jangkar sepanjang ± 2kali panjang yang bakal kita lego sehingga kapal akan berada di posisi 2.
Posisi 2. Sehingga kapal di posisi 2, maka lego jangkar ke 2 (yaitu jangkar kiri) sementara itu rantai jangkar utama (rantai jangkar kanan) kita hibob sampai kedua rantai sama panjangnya sehingga kapal berada di posisi 3.
Posisi 3. Kapal ditahan 2 buah jangkar yang rantai-rantainya sama panjang dan sejajar dengan arus.

5. jelaskan dengan gambar apa yang dimaksud dengan baltic moor dan bagaimana cara olah geraknya ?
Jawab:


Keterangan gambar

Baltic moor adalah berlabuh jangkar untuk menahan kapal yang sedang sandar di suatu dermaga yang tidak kuat menahan berat kapalnya 
Teknik olah gerak baltic moor


Keteranga gambar
Posisi 1. Keluarkan wire rope dari buritan kapal, kemudian dibawa kedepan melalui luar lambung kapal kemudian disambungkan pada salah satu halkah rantai jangkar kiri setela itu kapal maju pelan sekali, kemudi tengah-tengah lego jangkar kanan dan rantai di area sambil meng area juga wire rope. setelah kapal sejajar dengan dermaga, kirimkan mooring lines ke darat kemudian di hibob,sehingga kapal akan beada di posisi 2. Posisi 2. Kapal in position

6. jelaskan dengan gambar apa yang dimaksud mediterranean moor dan bagaimana olah geraknya ?
Jawab:

A. mediterranean moor


Adalah berlabuh jangkar untuk menahan kapal yang sedang sandar pada dermaga yang sempit dalam kondisi pada cuaca buruk. Kedua rantai jangkar kencang dan mengarah ke depan. buritan di ikat dengan tros yang dipasang menyilang


B. cara olah gerak mediterranean moor

Keterangan gambar :
Posisi 1. Kapal datang sejajar dermaga ,mesin maju pelan, kemudi tengah-tengah, lego jangkar kanan→maka kapal berada di posisi 2. 
Posisi2. Mesin maju pelan sekali kemudi kanan ,jangkar kiri di lego start mesin. setelah itu jangkar kanan di hibob→maka kapal ada di posisi 3.
Posisi3. kemudi tengah-tengah ,mesin mundur,tros belakang dikirim ke darat, setelah terpasang pada bolder darat tros di hibob sambil mengatur ke dua rantai hingga keduanya sama panjang →maak kapal ber ada di posisi 4.

7. jelaskan dengan gambar apa yang di maksud dengan berlabuh jangkar untuk menciptakan sisi tolak dan bagaimana olah geraknya?
Jawab:

A. Berlabuh jangkar  untuk menciptakan sisi tolak 


Adalah berlabuh jangkar untuk menciptakan yang tenang guna melaksanakan bongkar muat dalam kondisi gelombang laut yang kuat

B. Cara melaksanakan olah geraknya


Posisi 1. Kapal datang melawan arus, keluarkan tros buritan kemudian di bawa ke depan  melalui lambung kiri luar ,selanjutnya tros ini di sambungkan pada salah satu haikah rantai jangkar yang sudah siap area.
Posisi 2. kemudi kana, mesin maju pelan sekali area rantai jangkar dan tros belakang. dengan diareanya rantai dengan sendirinya kapal akan berputar kearah melintang terhadap angina dan ombak.
Posisi 3. Stop mesin, kemudi tengah-tengah, dan aturlah hingga rantai dan tros sama panjang. Dengan demikian bongkar muat dapat dilaksanakan dengan aman pada sisi angin.

8. jelaskan dengan gambar cara berlabuh jangkar di dekat gosong di suatu per airan yang bertiup angin utara yang kencang dan gosong berada di sebelah kanannya ?
Jawab :

Posisi 1, Jangkar kiri di keluarkan dari ulupnya kemudian di gantung ± 1 meter di atas air, selanjutnya jangkar kiri dibuat siap lego. kapal maju dengan kecepatan sedemikian rupa sehingga haluan kapal masih dapat di pertahankan ,kemudi tengah – tengah
Posisi 2. Kemudi tengah-tengah, mesin stop, Dan setelah kapal bergerak mundur karena angin maka jangkar kiri dilego. Adapun alasan penggunaan jangkar kiri adalah untuk menghindari putusnya rantai jangkar sebagai akibat terjadinya sudut tajam antara rantai dengan haluan  pada saat kapal merewang.

9. jelaskan dengan gambar cara mengatasi terbelitnya rantai jangkar pada saat kapal berlabuh jangkar menggunakan dua buah jangkar?
Jawab:


Keterangan  gambar
  1. Cari rantai yang tegang dan rantai yang kendor. rantai yang tegang adalah yang menahan kapal dan rantai kendor adalah rantai yang membelit.
  2. Kedua rantai di hibob supaya belitan ber ada di atas air kemudian belitan diikat dengan tali manila supaya tidak melorot.
  3. Tahanlah rantai yang membelit dengan borg dari tali kawat.
  4. Cari apakah belitan mulai dari atas atau dari bawah.
  5. Rantai yang membelit diarea sampai segel penyambungnya ber ada di deck, Kemudian segel tersebut dibuka.
  6. Masukan tali kawat  melalui  ulup sebelah luar untuk di sambungkan pada ujung rantai yang segel nya dibuka tadi, seadngkan ujung tali kawat lainya ditahan pada gipsy head pangsi jangkar, Kemudian di hibob sehingga semua rantai ber ada di luar.
  7. Sambungkan antara rantai yang membelit dengan tali kawat dihubungkan dengan tali kawat lain yang melalui sebelah atas/bawahnya (tergantung belitan). dengan bergantian lewat atas/bawah, maka seluruh belitan dapat di lepas .
  8. Rantai yang dibuka disambung kembali dan setelah tersambung borg penjamin dilepas.
  9. Buka/lepaskan tali manila.
 Bila ada tongkang /tug boat, Belitan dapat dilepaskan dengan cara:
1. buka rantai yang membelit, kemudian jatuhkan ujungnya ke tongkang.
2. dengan memperhatikan belitan, Maka ujung rantai yang telah dilepas diputar dengan arah yang berlawanan terhadap rantai yang tegang.




No comments:

Post a Comment

Tinggalkan pesan anda

Popular Posts