- A. Apakah yang di maksud dengan strowage factor? yaitu jumlah ruangan dalam M3 yang dibutuhkan untuk memuat muatan seberat 1 (satu) ton.
- B. Tujuan mengetahui nilai SF yaitu: untuk mengetahui berapa banyak dan jenis muatan yg dpt dimuat dlm satu ruang muat.
C. Hubungan BJ suatu benda dengan SF benda tersebut, sesuai dengan rumus :SF=1/BJ (benda) bila BJ dapat diketahui maka SF benda dpt dihitung/dicari(sebaliknya) - Prinsip- prinsip pemuatan itu ada 5 yaitu:
- Melindungi kapal yaitu menciptakan suatu keadaan dimana dlm pelaksanaan kegiatan pengaturan dan penanganan muatan kapal senantiasa dlm kondisi yg baik,aman serta layak laut.
- Melindungi muatan yaitu merupakan tangungjawab pihak2 pengangkut terhadap keselamatan muatan yang dimuat dari suatu pelbhan ke pelbhan tujuan dengan aman sebagaimana kodisi muatan seperti saat penerimaannya.
- Melindungi ABK dan buruh yaitu menyangkut atas keselamatan jiwa ABK dan buruh dalam melaksanakan kegiatanya selalu terhindar dari segala bentuk resiko yang mungkin/ dapat terjadi yang berasal/ akibat dari pelaksanaan bongkar muat.
- Pemanfaatan ruang muat semaksimal mungkin yaitu pengaturan muatan yang dilakukan sedemikian rupa sehinggaruang muat yang tersedia dapat di isi dengan muatan sebanyak mungkindan ruang muat yang tidak terpakai dapat ditekan sekecil mungkin.yaitu penguasaan ruang rugi (BS).
- Bongkar muat secara cepat, teratur dan sistematis yaitu menciptakan suatu proses kegiatan bongkar muat yang efisien dan efektif dalam penggunaan waktu serta biaya dan juga untuk menghindari terjadinya :
- Long hatch.
- Over carriage.
- Over stowage. - Sebuah palka memiliki Bale capacity 324 m3 akan dimuati hingga penuh dgn tiga jenis muatan A,B,C.BS diketahui 10%.Muatan A =152.5 ton SF = 1.327 m3/ton.Muatan B percolly berukuran 0,75 m x0,9 m x 0,6 m dengan berat percolli 254.25 kg. Muatan B menggunakan 3/5 bagian dari ruangan yang digunakan oleh muatan C. Muatan C memiliki BJ = 0.5.Hitung berat masing2 muatan.
Jawab.
Voleme muatan B = 0,75 x 0,9 x
0,6 =0,405 m3
SF B = 1000/ berat (g) x Volume
1000/254,25 x 0,405 = 1.592 m3/ton
SF C
= 1/bj 1/0,5
= 2 m3/ton
Volume ruang muat =
324 m3
Bs = 10% (324 M3) = 32,4m3(-)
Vol Effectif
= 291,6m3
Vol A = TsA x SF A
152,5
ton x 1,327 m3/ ton = 202,36 m3
VB + VC = Vol
efektif –VA
= 291,6
-202,36 = 89,24 m3
Muatan B = 3/8 x 89,24
= 33,46
m3
Muatan C = 5/8 x 89,24 =
55,77 m3
TB = VLB/SF B
= 33,46/1,592
= 21
ton
TC = VLC/SF C
= 55,77/2 = 27,8 ton
Jadi berat masing2 muatan yaitu ;Muatan A = 152, 5 tonMuatan B = 21 tonMuatan C = 27, 8 ton
A. Persiapan 2 yang dilakukan untuk ruang muat sebelum menerima muatan yaitu pembersihan ruang muat dan pemeriksaan ruang muat.
B. Hal2 yang di perhatikan dalam perbersihan ruang muat yaitu :
1.
Mengeluarkan sisa2 dan bekas2 muatan terdahulu termasuk
sisa2 bekas penerapan.
2.
Menyapu bersih dan debu2 ruangan.
3.
Membersihkan got2 dari kotoran2 yang menyumbat saringan
dan pipa2 hisapnya.
4.
Ruangan yang sudah bersih di cuci dengan air tawar (jika
ruangan berbau) cucian di berikan campuran bahan kimia.
5.
Air cucian di kuras dan di keringkan.
6.
Menjalankan ventilasi ruang muat.
C. Yang melakukan pengecekan/pemeriksaan terhadap ruang muat yaitu Mualim I, jika perlu dengan seorang Surveyor dengan menggunakan daftar periksa(check list). Hal2 yang di perhatikan yaitu :
- Keadaan ruang muat
(bersih,kering,berbau,kering)
- Adanya penerapan tetap.
- Sistem pembuangan dan saringan berfungsi
dengan baik.
- Adanya penerangan ruang muat dan kelengkapanya.
- Adanya tangga/jalan masuk ke ruang muat yang
utuh dan
baik.
- Adanya alat penemu asap yang berfungsi dengan
baik.
- Adanya sistem peranginan berfungsi dengan
baik.
- Penutup palka (hatch cover) yang kedap air.
- Setelah kegiatan pemeriksaan tersebut lalu di
jurnalkan.
- Yang bertanggung jawab membuat strowage plan yaitu oleh Mualim I dan juga di buat oleh pihak CARRIER yang bertujuan sebagai bahan informasi mengenai muatan yang berada di dalam masing2 ruang muat.
- 3 hal pokok yang harus diperhatikan dlm menyusun rencana pemuatan yaitu :
- Berat dan volume dari muatan tersebut sehingga muatan yang berat di bawah dan yang ringan berada diatas.
- Jenis dari muatan tersebut berbahaya atau mempunyai bentuk khusus.
- Pelabuhan tujuan dari tiap2 muatan tersebut yaitu mencegah over stowage. - Kapal dengan sisa DWT 1625 ton memiliki ruang muat 2160 m3 akan memuat muatan A = 274 ton dengan SF = 1, 89. Muatan B dengan SF = 0, 81 dan C dengan SF = 1, 62. Dalam pemuatan muatan A memiliki BS = 2% Muatan B & C memiliki BS = 8%. Agar kapal dapat full & down adalah :
Daya
angkut T = 1625
ton
Volume ruang
muat = 2160 m3
Vol Muatan
A = 274 x 1.89 = 517.86 m3
BS A = 2% x
517.86 =
10.36 m3 +
Ruang muat
eff A =
528.22 m3
Ruang muat
B&C (2160-528.22) = 1631.78 m3
Sisa tonnage
(1625-274) =
1351 m3
Vol effektif
kpl (1631. 78 x 8%) =
130. 5
(1631. 78 - 130. 5) =
1501.24 m3
(0. 81 x TB) +
(1. 62 x TC) = 1501.24
TB +
TC = 1351.00 (persamaan)
0. 81 x TB + 1.
62 x TC =
1501.24
0. 81 TB
+ 0. 81
TC = 1094.31
–
0. 81
TC = 406. 93
TC = 406.93/ 0.81
=
502.38 ton.
TB = 1351 – 502.38
=
848.62 ton
- Kapal dengan summer draft 7. 2 m displacement 14225 ton TPC = 16. Sedang muat di pelbhan sungai di daerah tropis dengan BJ= 1.005 jarak pelabuhan kelaut lepas = 610 mil. Selama pelayaran di alur tsb menggunakan BB 25 ton/hari, kecepatan rata2 = 12 knots. Dilaut akan membuang sampah 7 ton draft sebelum muat 6.15 m. Penggunaan lain2 diabaikan. Hitung draft kapal waktu bertolak dan berapa ton muatan dapat di muat secara maksimal.
Jawab.
Sarat di
sungai = 7. 2 + (1/48 x 7. 2) = 7. 35 m
FWA = W = (14225)
40 x TPC (40 x 16)
= 22. 2 cm = 0. 22 m
DWA =
22. 2 x 20/25 = 0. 18 m
MAX draft di sungai = 7.35 m
DWA = 0.18 m
+
Penambahan sarat =
7.53 m ( Draft Kapal waktu tolak )
Draft
sebelum muat = 6.15 m –
Selisih
sarat = 1. 38
m = 138 cm
TPC di air
payau = (1.005/1.025)
x 16
=
15. 68.
Penambahan
berat di laut = 15. 68 x 138
=
2163. 84 ton
Penentuan
waktu (Jarak/speed) =
610/12
=
50. 8/24 = 2.117 hari.
Pemakaian BB
(2.117 x 25) = 53 ton/hari
Jumlah
muatan yang dapat dimuat yaitu :
Muatan di
bawa = 2163. 84 ton
Sampah = 7
ton
BB = 53
ton +
TOTAL = 2223.84 tonnes
No comments:
Post a Comment
Tinggalkan pesan anda