Sunday, June 11, 2017

PERMESINAN KAPAL

uraiyan tentang soal-soal dan jawaban permesinan kapal
Uraikan perbedaan antara mesin diesel 2 tak dgn mesin diesel 4 tak & uraikan juga untung ruginya masing2 mesin diesel tsb :
Perbedaan prinsip kerja motor 4 tak & 2 tak :
Motor 4 tak :
-      setiap 4 langkah torak atau 2 putaran poros engkol menghasilkan satu tenaga/ usaha u/ memutar poros engkol
Motor 2 tak :
-          setiap 2 langkah torak a/ lebih 1 putaran poros engkol menghasilkan 1 tenaga/ usaha untuk memutar poros engkol
Keuntungan motor 4 tak ad/:
-          Pembakaran sempurna & motor bekerja hemat
-          Tersedia 1 langkah untuk pemasukan & juga pengeluaran
Kerugian motor 4 tak :
-          pada setiap proses dibutuhkan 2x putaran poros engkol didapat 1 langkah usaha
-          harus memakai klep isap & klep buang
keuntungan motor 2 tak ad/:
-          mudah digunakan & tenang jalannya
-          tenaga lebih besar dibanding motor 4 tak yg berukuran & putaran yg sama
-          dipakai bilamana ada keharusan daya usaha besar atau daya usaha besar
-          konstruksinya sederhana
kerugianya motor 2 tak ad/:
-          suhu torak dan dinding tinggi
Sebutkan fungsi dan jenis pompa yang digunakan pada :
Fire pump fungsinya ad/: sebagai sumber utama untuk memompa/memindahkan air laut dengan tekanan tertentu pada system pemadaman kebakaran diatas kapal. jenis pompa yang digunakan adalah pompa centrifugal.
Lubricating oil pupm for main engine fungsinya adalah : untuk pendistribusian/ mensirkulasi minyak pelumas agar tidak terjadi keausan pada mesin induk. jenis pompa yang digunakan adalah pompa roda gigi.
General service pump fungsinya ad/: untuk memindahkan/memompa air tawar atau air laut sebagai Fresh Cooling water pump,drinking water pump.jenis pompa yang digunakan adalah pompa centrifugal.

Kpl hrs menempuh jarak layar 1600mil pada kecepatan normal yaitu 16knots pemakaian 1 ton perjamnya namun karena ingin menghemat bb maka terpaksa kecepatanya diturunkan hanya menjadi 14knot diminta untuk menghitung :
a.        jumlah bb yg dipakai dlm pelayaranya
b.        jumlah penghematan bb
jawab :
dik : - S = jarak : 1600mil
        - V1           :  16 knot
        - B1           :  1 ton/ jam
        - V2           :  14 knot
Diminta  A. B2 …….Ton/jam ?
                B. jumlah penghematan BB dlm pel ?
Penye =
a.      B1  :   B2   =  V13  :  V13
             1    :   B =  163   :  143
         1    :   B2   =  4096  :  2744
         1    :   B2   =  1.492
                  B2   =      1/1.492
                         =  0,67 Ton/jam
b. jumlah penghematam bb dlm pelayaran tsb :
    dari rumus :
     -  jarak  = kec x waktu
        Waktu =  jarak   
                        Kec 
              T= 1600  
                        16
                   =  100 jam   
Pemakaian bb dalam 100 jam :
                   = 100 x 1 ton perjam = 100ton
             T2  =  1600
                         14
                   =  114, jam
Pemakaian bb dlm 114 jam :
                   = 114 x 0,67 ton perjam 
                  = 76,38 ton.
Dan penghematan bbnya adalah :
                  = 100 – 76,38 ton
                  =  23,62 ton

Pada awal jaga laut tercatat jumlah putaran mesin induk = 025689464 & pada akhir jaga laut juga tercatat 025720664 dgn asumsi tdk memajukan/ memundurkan jam kpl rata2 19knot kisar baling2 diketahui 5meter diminta untuk menghitung:
-          slip semu
-          slip sesungguhnya bila terhitung arus ikutnya : 3,5 mil perjamnya
diket :     akhir jaga laut :   025720664
                awal jaga laut :   025689464
                V kpl              :   19knot
                 H                   :    5meter
Hit.   a. slip semu…………?
         b. slip nyata bila terhitung arus ikutan
              diketahui :3,5mil
jawab :
          akhir jaga laut :         025720664
          awlal jaga laut:          025689464
                                                31200
          1 kali jaga laut : 4 jam = 4x6 = 240menit
          N =  31200   = 130Rpm/ 60 = 2,17Rps
                     240
          C =  H . N . 1,9438
              =  5 x 2,17 x 1,9438
              =  21,09
              = 21 knot
a. slip semu  =  C – V  x 100%
                           C
                     =  21 – 19 x 100%
                            21
                     = 0,095 x 100%
                     =  9,5%
b. slip nyata = C – ( V – A ) x 100%
                                C
                     = 21 – ( 19 – 3,5 ) x 100%
                                 21
                     = 21– 15,5  x 100%
                             21
                     = 0,262 x 100%
                     = 26,2 %
        





No comments:

Post a Comment

Tinggalkan pesan anda

Popular Posts