uraiyan tentang soal-soal dan jawaban permesinan kapal
Uraikan
perbedaan antara mesin diesel 2 tak dgn mesin diesel 4 tak & uraikan juga
untung ruginya masing2 mesin diesel tsb :
Perbedaan
prinsip kerja motor 4 tak & 2 tak :
Motor 4 tak :
- setiap 4 langkah torak atau 2 putaran poros engkol menghasilkan satu
tenaga/ usaha u/ memutar poros engkol
Motor 2 tak :
-
setiap 2 langkah torak a/ lebih 1 putaran poros engkol menghasilkan 1
tenaga/ usaha untuk memutar poros engkol
Keuntungan
motor 4 tak ad/:
-
Pembakaran sempurna & motor bekerja hemat
-
Tersedia 1 langkah untuk pemasukan & juga pengeluaran
Kerugian motor
4 tak :
-
pada setiap proses dibutuhkan 2x putaran poros engkol didapat 1 langkah
usaha
-
harus memakai klep isap & klep buang
keuntungan
motor 2 tak ad/:
-
mudah digunakan & tenang jalannya
-
tenaga lebih besar dibanding motor 4 tak yg berukuran & putaran yg sama
-
dipakai bilamana ada keharusan daya usaha besar atau daya usaha besar
-
konstruksinya sederhana
kerugianya
motor 2 tak ad/:
-
suhu torak dan dinding tinggi
Sebutkan
fungsi dan jenis pompa yang digunakan pada :
Fire
pump fungsinya ad/: sebagai sumber utama untuk
memompa/memindahkan air laut dengan tekanan tertentu pada system pemadaman
kebakaran diatas kapal. jenis pompa
yang digunakan adalah pompa centrifugal.
Lubricating
oil pupm for main engine fungsinya adalah : untuk
pendistribusian/ mensirkulasi minyak pelumas agar tidak terjadi keausan pada
mesin induk. jenis pompa yang
digunakan adalah pompa roda gigi.
General
service pump fungsinya ad/: untuk memindahkan/memompa air tawar atau air laut
sebagai Fresh Cooling water pump,drinking water pump.jenis pompa yang digunakan adalah pompa centrifugal.
Kpl hrs menempuh
jarak layar 1600mil pada kecepatan normal yaitu 16knots pemakaian 1 ton
perjamnya namun karena ingin menghemat bb maka terpaksa kecepatanya diturunkan
hanya menjadi 14knot diminta untuk menghitung :
a.
jumlah bb yg dipakai dlm pelayaranya
b.
jumlah penghematan bb
jawab
:
dik : - S = jarak : 1600mil
- V1 :
16 knot
- B1 :
1 ton/ jam
- V2 :
14 knot
Diminta A. B2 …….Ton/jam ?
B.
jumlah penghematan BB dlm pel ?
Penye =
a. B1 : B2 = V13 : V13
1
: B2 = 163 : 143
1 : B2 =
4096 : 2744
1 : B2 =
1.492
B2 =
1/1.492
= 0,67
Ton/jam
b. jumlah
penghematam bb dlm pelayaran tsb :
dari rumus :
- jarak
= kec x waktu
Waktu = jarak
Kec
T1 = 1600
16
= 100 jam
Pemakaian bb dalam 100 jam :
= 100 x 1 ton perjam = 100ton
T2 = 1600
14
= 114, jam
Pemakaian bb dlm 114 jam :
= 114 x 0,67 ton perjam
= 76,38 ton.
Dan penghematan bbnya adalah :
= 100 – 76,38 ton
= 23,62 ton
Pada awal jaga
laut tercatat jumlah putaran mesin induk = 025689464 & pada akhir jaga laut
juga tercatat 025720664 dgn asumsi tdk memajukan/ memundurkan jam kpl rata2
19knot kisar baling2 diketahui 5meter diminta untuk
menghitung:
-
slip semu
-
slip sesungguhnya bila terhitung arus ikutnya : 3,5 mil perjamnya
diket : akhir jaga laut : 025720664
awal jaga laut : 025689464
V kpl : 19knot
H : 5meter
Hit. a. slip semu…………?
b. slip
nyata bila terhitung arus ikutan
diketahui
:3,5mil
jawab :
akhir
jaga laut : 025720664
awlal
jaga laut: 025689464
31200
1 kali jaga laut : 4 jam = 4x6 = 240menit
N = 31200 = 130Rpm/ 60 = 2,17Rps
240
C
= H . N . 1,9438
= 5 x 2,17 x 1,9438
= 21,09
= 21 knot
a. slip semu = C
– V x 100%
C
= 21 – 19 x 100%
21
= 0,095 x 100%
= 9,5%
b. slip nyata = C – ( V – A ) x 100%
C
= 21 – ( 19 – 3,5 ) x 100%
21
= 21– 15,5 x 100%
21
= 0,262 x 100%
= 26,2 %
No comments:
Post a Comment
Tinggalkan pesan anda