Sunday, July 9, 2017

Skala pengukuran

Skala pengukuran
untuk mendapatkan informasi mengenai data, orang dapat digambarkan dari beberapa karakteristik seperti umur, pendidikan, jenis klamin, pendapatan, dan merek barang suatu tertentu. dalam skala pengukuran yang bisa digunakan untuk mendapatkan data dan untuk diolah dalam sebuah penelitian. Menurut Stevens (1946) diantaranya adalah Skala Nominal, Skala Ordinal, Skala Interval dan Skala Rasio. pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai satu persatu.

1. Skala Nominal
Skala nominal merupanaka skala pengukuran yang menyatakan kategori, atau kelompok dari suatu subyek misalkan variabel jenis kelamin, responden dapat dikelompokkan ke dalam kategori laki-laki dan wanita. kedua kelompok ini dapat diberi kode angka 1 dan 2. angka ini hanya berfungsi sebagai label kategori semata tanpa nilai intrinsik (yang terkandung didalamnya) dan tidak memiliki arti apa-apa. jadi angka 1 dan 2 haya sebagai pengelompokan subyek kedalam kelompok yang berbeda. artinya jika jenis kelamin perempuan ditandai sebagai angka 1 maka jenis kelamin lelaki di tandai sebagai angka 2.

2. Sekala Ordinal
Skala ordinal merupakan sekala yang menggolongkan variabel kedalam kelompok sekaligus memberikan renking kedalam kategori. misal kita ingi melakukkan pengukuran pada katagori air minerala, Merek Aqua, Aquaria, Aquades dan Aquana. kita dapat meminta responden untuk memberikan penilaian terhadap merek air mineral yang terbaik menurutnya.

Merek Air Mineral        Ranking
Aqua                                    1
Aquaria                               2
Aquades                              3
Aquana                                4

dari tabel diatas dapat kita simpulan bahwa merek air mineral Aqua berada di peringkat 1 yang lebih disukai dibandingkan dengan Aquaria yang berada di peringkat 2, merek air mineral Aquaria yang lebih disukai dibandingkan dengan Aquades yang berada di peringkat ke 3 dan merek Aquana berada di peringkat terakhir yang disukai setelah Aqua, Aquaria, dan Aquades. pengukuran yang dilakukan tersebut dinamakan dengan skala ordinal dan data yang didapatkan merupakan data adalah data ordinal.
pada dasarnya skala likert atau yang disebut dengan summated scale (sekala yang dijumlahkan) merupakan sekala ordinal dimana responden di minta untuk menjawab suatu pertanyaan yang diberikan oleh seorang peneliti untuk mendapatkan jawaban yang valid dan reliabel. skala likert terdiri dari (1) sangat tidak setuju, (2) tidak stuju, (3) ragu-ragu /netral (4) setuju dan (5) sangat setuju.

3. Skala Interval
Mengambil informasi dari responden dengan memberikan beberapa pertanyaan untuk melakukan ranking dan sekaligus diminta untuk memberikan rate (nilai) sesuai dengan lima skala penilaian.

Nilai Skala      Pilihan
      1                Sangat Tinggi
      1                Tinggi
      1                Moderat
      1                Rendah
      1                Sangat Rendah

4. Skala Rasio
Skala rasio adalah skala interval yang memiliki nilai dasar yang tidak dapat dirubah. misalkan umur responden memiliki nilai dasar nol. skala rasio dapat ditransformasikan dengan cara mengalikan dengan konstanta, tetapi transformasi tidak dapat dilakukan jika dengan cara menambahkan konstanta karna akan merubah nilai dasarnya.




No comments:

Post a Comment

Tinggalkan pesan anda

Popular Posts