Friday, May 12, 2017

Permesinan Kapal Laut

Me·sin adalah perkakas untuk menggerakkan atau membuat sesuatu yg dijalankan dng roda, digerakkan oleh tenaga manusia atau motor penggerak, menggunakan bahan bakar minyak atau tenaga alam. dari hasil penelusuran atau pencarian yang didapatkan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indoneisa) mesin adalah perkakas untuk menggerakkan atau membuat sesuatu yg dijalankan dengan roda. pada postingan ini info klasik akan mencoba berbagi sedikit ilmu tentang mesin kapal dan perlengkapan mekanis kapal yang dibutuhkan dalam pelayaran (navigation). Jika anda pernah bepergian dengan menggunakan kapal saat dalam perjalanan duduk-duduk bersantai sambil mendengarkan musik atau menonton video (intertain) yang disediakan dikapal akan terbersit sebuah pertanyaan dari manakah tenaga listeriknya, kenapa TV atau alat elektronik dikapal bisa menyala jawabannya tentu dari mesin kapal, tapi yang jadi pertanyaan mesin kapal yang mana, untuk itu mari kita bahas satu persatu. pada umumnya setiap kapal yang memiliki ruta perjalanan yang jauh pasti memiliki dua buah mesin diantaranya terdiri dari mesin induk dan mesin-mesin bantu.

  • Mesin Induk (Main Engine)
    Adalah penggerak utama untuk membangkitkan tenaga penggerak untuk mendorong kapal. pungsi dari mesin induk ini hanyalah penggerak utama yang dapat memutar baling-baling sehingga menghasilkan daya dorong. mesin induk tidak akan mensuplai apapun kecuali tenaga gerak untuk mendorong kapal.
  • Mesin Bantu (Auxiliary Machinery)
    Adalah mesin-mesin yang dibutuhkan untuk mendukung kerja mesin penggerak utama dan semua peralatan yang dibutuhkan bagi Navigation. biasanya mesin bantu (Auxiliary Machinery) lebih bekerja ekstra dibandingkan mesin induk, mulai dari muat barang sampai bongkar, mesin ini akan tetap bekerja.

  • Adapun perlengkapan mekanis yang dibutuhkan dalam pelayaran terdiri dari mesin-mesin yaitu ketel (boiler), poros (shaft) dan baling-baling (propeller), radio, alat-alat ukur.

  • Ketel (Boiler) Adalah sebuah alat untuk membangkitkan uap yang digunakan untuk menghasilkan tenaga penggerak, juga digunakan sebagai pemanas.
  • Poros (shaft) dan baling-baling (propeller) poros berfungsi untuk meneruskan tenaga gerak dari mesin induk ke baling-baling, dimana tenaga gerak tersebut dirubah menjadi tenaga pendorong.
  • Sistem pipa (pipe-line) peralatan yang terdiri dari pipa-pipa dan katup-katup untuk mengalirkan uap, air laut, air tawar, dan minyak ke tempat tertentu.
  • Radio merupakan sarana yang digunakan berkomunikasi lewat udara sekaligus menjadi alat perekam.
  • alat-alat ukur seperti Aneroid Barometer (Barometer Aneroid) yang digunakan untuk mengukur tekanan udara, Hand Anemometer ( Fixed ) yaitu alat untuk mengukur arah dan kecepatan, maupun Whiiling Psychrometer ( Psychrometer Putar ) yaitu alat untuk mengukur suhu udara dan kelembaban udara.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan pesan anda

Popular Posts